EnglishIndonesian

BPS: Ekspor Kelapa Bulat Sumatera Selatan ke Cina Capai 11 Ribu Ton

Jakarta – Volume ekspor buah kelapa produksi petani Sumatera Selatan ke Cina melonjak 69,38 persen pada Februari 2021 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Selatan Endang Tri Wahyuningsih di Palembang mengatakan volume ekspor kelapa bulat ke Negeri Tirai Bambu itu pada Februari tercatat 11,06 ribu ton. Kenaikan volume ekspor ini membuat nilai ekspor produk pertanian tersebut meningkat menjadi 2,9 juta dolar AS.

Endang menambahkan tak hanya buahnya, ternyata bungkil kelapa asal Sumsel juga banyak peminatnya karena ada kenaikan volume permintaan hingga 123,07 persen.

Ia mengharapkan data yang dikelola BPS Sumsel ini dimanfaatkan oleh instansi terkait di pemerintahan provinsi untuk mengangkat sektor perkebunan kelapa.“Coba dibayangkan jika industri hilirnya juga digarap, bisa membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah,” kata dia.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Perkebunan Sumsel Rudi Arpian mengatakan sejak lama pemprov menaruh perhatian pada perkebunan kelapa ini sehingga dilakukan stimulus seperti pembangunan pabrik pengolahan di Kabupaten Banyuasin.

“Sumatera Selatan juga berpotensi mengekspor sabut kelapa. Selama ini sabut kelapa hanya dibuang kemudian dibakar karena pengusaha belum tahu pasarnya,” kata dia.

Rudi menjelaskan pabrik pengolahan tersebut akan mengolah sabut kelapa menjadi serat (coco fiber) dan serbuk (coco peat) yang bernilai tambah untuk pasar ekspor.

 

sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1442823/bps-ekspor-kelapa-bulat-sumatera-selatan-ke-cina-capai-11-ribu-ton/full&view=ok

Contact Us!